Forex Trading

Senin, 16 Januari 2012

Trend Perkembangan Software

Memasuki tahun 1960-an ketika era komputer dimulai, Software telah menjadi salah satu bagian penting dalam teknologi informasi dan digunakan di semua disiplin ilmu teknologi informasi. Berbeda dengan hardware, software tidak mengacu pada bentuk fisik yang memiliki spesifikasi seperti ukuran, berat, bahan dan lain-lain. Hardware kom­puter salah satu manfaatnya dapat mengurangi biaya pengolahan dan penyimpanan data. Seperti hardisk mampu menggantikan fungsi lemari arsip sehingga lebih efisien dalam tempat karena tidak butuh space yang luas dan biaya yang lebih murah.
Selama dekade tahun 1980-an, kemajuan yang pesat dari mikro elektronik menghasilkan kemampuan komputer yang lebih baik pada tingkat biaya yang lebih rendah. Namun masalah sekarang berbeda, tantangan utama adalah mengurangi biaya dan memperbaiki kualitas solusi berbasis komputer (Solusi yang diimplementasikan dengan mempergunakan software.
      Software mengalami perkembangan yang pesat dan usang setelah periode tertentu, Software memerlukan review secara berkala untuk mengetahui perubahan yang dinamis  terhadap kebutuhan pasar. Sejak pertama kali software diperkenalkan sekitar tahun 60-an telah mengalami perkembangan yang cukup pesat, dan total
berbeda disemua spesifikasi seperti struktur program, arsitektur dan Line Of Code (LoC). Kini lebih pendek, mudah dan tampilan grafis yang menarik sehingga lebih efisien dibandingkan dengan versi lamanya. Berikut disajian evolusi perkembangan software:
·  Era pertama lebih mengacu pada Batch Orientation, pada suatu orientasi di mana proses dilakukan setelah data dikumpulkan dalam satuan waktu tertentu, atau proses dilakukan setelah data terkumpul, lawan dari batch adalah ONLINE atau Interactive Process. Keuntungan dari Interactive adalah mendapatkan data yang selalu up to date.
·  Karakteristik kedua adalah Limited distribution, yaitu suatu penyebaran software yang terbatas pada perusahaan-perusahaan tertentu. Custom software adalah karakteriktik yang ketiga dari era yang pertama dimana software yang dikembangkan berdaasarkan perusahaan-perusahaan tertentu. 
·   Era ketiga yang ditandai Distributed System, yaitu suatu sistem yang tidak hanya dipusatkan pada Host computer, daerah atau bidang lain­nya yang juga memiliki komputer yang ukurannya lebih kecil dari komputer induk. Lawan dari distributed system adalah Centralized System. Embedded Intelligence, yaitu suatu product yang diberi tambahan “Intellegence” dan biasanya ditambahkan mikroprocessor yang mutakhir. Contohnya adalah automobil, robot, peralatan diagnostic serum darah. Low Cost Hardwareharga hardware yang semakin rendah, ini dimungkinkan karena munculnya Personal Computer.Consumer Impact Adanya perkembangan komputer yang murah menyebabkan banyaknya software yang dikembangkan, soft­ware ini memberi dampak yang besar terhadap masyarakat.
·   Era keempat ditandai dengan Expert system, yaitu suatu penerapan A.I. (Artificial Intelligence) pada bidang-bidang tertentu, misalnya bidang kedokteran, komunikasi, dll. AI Machine dimana suatu mesin yang dapat meniru kerja dari sebagian otak manusia. Misalnya mesin robot, komputer catur. Dan ciri era keempat yang lain adalah Parallel Architecture, arsitektur komputer yang memungkinkan proses kerja LAN paralel, yang dimungkinkan adanya prosesor berbeda dalam satu komputer.

           Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat dan mengembangkan software juga mengalami perkembangan yang cukup pesat, ditandai dengan munculnya generasi bahasa pemrograman. Generasi pertama adalah Bahasa Mesin karena komputer pada masa itu masih digunakan oleh kalangan tertentu sehingga bahasa mesin hanya dapat dipahami oleh orang tertentu yang mengerti mesin tersebut. Berikutnya muncul bahasa generasi yang kedua bahasa Assembler. Bahasa Assembly (Assembler) adalah merupakan salah satu dari sekian banyak bahasa pemrograman yang tergolong dalam Bahasa Pemrogaman Tingkat Rendah (Low Level Language) dan hanya setingkat diatas bahasa mesin (Machine Language).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Anda berkomentar disini :