Forex Trading

Senin, 16 Januari 2012

Contoh Studi Kasus dalam E-Commerce

Penggunaan  e-commerce  di  Indonesia  masih  sangat  terbatas.  Berdasarkan  survey  awal  masih  relatif  sedikit  perusahaan  yang  menggunakan  e-commerce  sebagai  sarana untuk kepentingan bisnis. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan dikaji tentang  motif serta  manfaat  yang  dirasakan  oleh  perusahaan  yang  telah  menerapkan  penggunaan  e-commerce dalam  kepentingan  bisnis.  Melalui  penelitian  ini  diharapkan  dapat  diperoleh gambaran  yang  jelas  tentang  motif  perusahaan  dalam  menggunakan  e-commerce. Temuan ini sangat penting terutama dalam upaya memberikan informasi yang lebih jelas tentang  dasar  pertimbangan  dalam  menggunakan  e-commerce  dan  memanfaatkannya sebagai sarana keunggulan bersaing.
Nah, dalam studi kasus ini mengambil studi kasus perusahaan handphone yang ingin meluaskan pangsa pasarnya, dengan cara pembelian HP dilakukan dengan online atau lewat internet. Dalam merancang sistem ini maka akan dilakukan metodologi yang telah diusulkan dalam sistem informasi web.
Tahapan metodologi tersebut adalah :
1.    Planning
2.    Analisa
Dalam tahapan analisa ini dibagi 4 yaitu : 
Analisa Teknologi
Analisa Informasi
Analisa User 
Analisa Biaya dan Resiko
3.    Desain
Dalam tahapan dersain juga dibagi dalam 4 tahap : 
Desain Informasi
Desain Grafik 
Model Development 
Database Design
4.    Implementasi
Pada implementasi juga dibagi dalam 5 tahap : 
Penulisan Program dan Instalasi
Desain Review 
Pemilihan Sumber daya Hardware, Software 
Pengujian Web dan Dokumen Web 
Update Informasi atau update teknologi ( Maintenance )

Sebelum masuk dalam perancangan sistem, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya adalah : 
Informasi dari user dan partisipasinya dalam membangun system 
Dukungan dari manajemen eksekutif 
Kebutuhan sistem terpenuhi dan jelas
Perencanaan yang tepat
Tujuan yang akan dicapai memang suatu hal yang realities

1      Planning

Diasumsikan feasibility dalam perusahaan tersebut lengkap, seperti keabsahan dari perusahaan dari segi hukum, kemajuan perusahaan tersebut dari segi ekonomi, struktur organisasi yang ada, visi dan misi perusahaan. Setelah hal tersebut dipenuhi maka masuk ke tahap selanjutnya yaitu sistem investigasi.

Dalam sistem investigasi, dapat berupa wawancara, kuosiener atau observation. Dalam tahap ini hal yang pertama dilakukan adalah memberikan form ke user yang digunakan untuk mengetahui permintaan user. Diasumsikan user telah mengisi form tersebut, dan salah satu contohnya sebagai berikut:

• Data User



• Service yang digunakan

Dari Form yang tertulis dapat dirangkum kembali, bahwa client :
 
Menginginkan situs penjualan online dengan Desain web site HTML kemudian adanya desain grafis dapat berupa flash atau yang lainnya. 
Menggunakan Optimal search engine.
ü  Tidak mengetahui teknologi dan database yang akan digunakan.
ü  Waktu project 15 hari, untuk siap ditampilkan.
ü  Dana Rp .3.000.000 ( dapat dinegoisasi, dapat lebih tinggi atau lebih rendah ).
Setelah Form ini diterima, maka akan dilakukan negosiasi untuk lebih detail seperti kesepakatan waktu, harga . dan bila dianggap sudah tetap dengan form yang diatas, maka akan masuk ketahap analisa.

2      Analisa
Dalam tahap analisa, menjadi beberapa tahap yaitu :
Ø Analisa Teknologi
Dalam tahap ini menganalisa teknologi yang akan digunakan seperti :
-          Karena menggunakan desain grafis maka memerlukan teknologi seperti Adobe Photoshop, Macromedia Flash, Dreamweaver.
-        Memerlukan data penyimpanan secara informasi produk, Informasi Berita digunakan database seeprti Mysql, MSAccess.
-         Dengan Biaya Rp.3.000.000 maka tidak dimungkinkan untuk membeli produk yang lisensi seperti dari Microsoft.
-          Solusi lain menggunakan produk Open Source seperti PHP dan Mysql sebagai database.

Ø Analisa Informasi
Mengenai informasi data yang akan menjadi data tetap dan data dinamis, kategori informasi data tetap adalah : profile perusahaan, visi dan misi, sejarah perusahaan, latar belakang perusahaan. Informasi dinamis adalah informasi yang selalu berubah dalam setiap periodik dapat setiap hari atau setiap jam.
Informasi dinamis dalam sistem ini adalah :
- Informasi persediaan ( stock ) produk
- Informasi Harga Produk dan diskon
- Informasi Artikel, tips dan trik
- Informasi dari masing keunggulan Produk atau produk yang sedang trend

Ø Analisa User
Dalam tahap ini mengidentifikasi kategori user yang akan melihat sistem yang akan dibuat. Hasil akhirnya adalah menambah user yang online dalam situs yang dibuat.untuk semua kategori user.
Dalam tahap analisa ini dikategorikan user :
- User yang tidak memahami teknologi web dapat menjelajah isi web yang ada tanpa ada kesulitan.
- User yang sudah paham dalam teknologi web akan selalu mengetahui  informasi dalam web tersebut.
- Semua user akan mudah melakukan pencarian dalam produk yang dicari.

Ø Analisa Biaya dan Resiko
Dalam tahap ini diperhitungkan biaya yang akan dikeluarkan seperti biaya maintenance ( membayar domain ke ISP) atau biaya kirim ke user. Resiko yang terjadi adalah tidak sampainya produk ke user atau penipuan dari user.
Untuk transaksi online, dengan biaya yang tidak telalu tinggi, tidak dituntut untuk transaksi seperti amazon.com, yang sudah kerjasama dengan lembaga perbankan seperti VISA, layanan jasa seperti kredit card.
Untuk transaksi dapat melakukan telepon, via email atau fax dengan cara mengirimkan bukti pembayaran melalui ATM dari user, yang kemudian user akan mengirimkan bukti dengan fax dengan identitas dan alamat, selanjutnya produk dikirimkan ke user.

3       Tahap Desain
Ø Desain informasi
Dalam tahap ini dimodelkan informasi link dari setiap halaman, jika dalam system tersebut terdapat database maka digunakan tahap model development dan Database desain. Dari permintan user digunakan optimal untuk pencarian dalam web, maka dilakukan penambahan META tags di setiap HTML sebagai index yang digunakan dalam mesin pencari.

Ø Desain Grafik
Pada tahap ini merupakan desain yang akan digunakan dalam sistem informasi web. Desain yang akan dirancang pada akhirnya harus terlihat baik dan mudah dalam navigasi ( jelajah) kesesuaian warna teks dan latar belakang menjadi nilai tambah sendiri dalam desain.
Ø Model Development
Merupakan tahap untuk memodelkan seluruh proses yang ada, seperti proses penyimpanan data, update artikel, Menampilkan data dari database dan lain-lain.
Contoh ilustrasi Model Development:
-          Proses Transaksi Barang ( Penjualan danPembelian ).
-          Proses Update Data ( Persediaan Barang).
-          Proses Update Informasi Halaman WebSite (Produk terbaru, Harga Produk, Persediaan Produk).

Ø Database Desain
Merupakan tahap dalam memodelkan desain database atau desain table, hubungan antara table, atau pula normalisasi table.
Contoh :


Tabel 3. Ilustrasi Database Desain
4       Tahap Implementasi
Tahap selanjutnya Implementasi, yang terdiri dari beberapa tahap, yaitu :
Ø Penulisan Program dan Instalasi
Merupakan tahap penulisan program yang telah dianalisa dan didesain semua maka program yang digunakan adalah PHP dan database yang digunakan MySql.

Ø Desain Review
Setelah tahap penulisan dan instalasi selesai maka pengujian desain review, dalam tahap ini tidak hanya menguji desain yang digunakan namun menguji semua sistem yang telah diterapkan seperti tidak adanya lokasi link, image yang salah, pengujian sistem seperti penyimpanan data, update artikel dan lain –lain.

Ø Pemilihan Sumber Daya Hardware dan Software
Dalam tahap ini seperti Software dan Hardware yang digunakan untuk Web server ataupun pemilihan ISP untuk domain dan penyimpanan data jika menggunakan layanan jasa Internet Service Provider.
Ø Pengujian Web dan Dokumen Web
Dalam tahap ini mengujikan Web dengan berbagai teknologi browser yang ada, serta pemeriksaan dokumen Web.
Dalam pemeriksaan dokumen Web terdapat beberapa hal yang diperhatikan yaitu:
-          Akurasi atau ketepatan dari dokumen.
Seperti contact person yang dapat dihubungi dari penulis dokumen dan email yang dapat dihubungi.dan menghindari kerancuan antara Web master dengan contact person dalam penulis dokumen.
-          Authority Web.
Dokumen yang telah diterbitkan dalam halaman Web, mencatumkan pula link dari situs lain, jika dokumen tersebut telah ditampilkan di situs lain.
-          Objective Information.
Mengenai keakuratan dokumen seperti batas waktu informasi dalam dokumen. Misalkan informasi lowongan kerja jika sudah dalam batas waktu yang ditetapkan, maka informasi tersebut haruslah dihapus.
-          Currency.
Jika  informasi tersebut ditampilkan setiap hari maka terdapat keterangan perubahan dan update link, mengenai tanggal dan informasi.

Ø Update Informasi atau Update Teknologi ( Maintenance )
Merupakan tahap untuk update informasi seperti informasi harga barang, produk terbaru, tips dan trik artikel seperti artikel perawatan HP, Informasi HP terbaru kelebihan dan kekurangan dari masing – masing HP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Anda berkomentar disini :